Jumat, 24 Februari 2017

SOP PEMBERSIHAN RUANG JENAZAH RUMAH SAKIT


·         1 set Double Solution Mopping
·         Lap handuk Warna Biru
·         Sapu
·         Dustpan
·         Lobby Duster
·         Warning Sign
·         Bucket
·         Full Trole
·         Century Q 256


PELAKSANA
TUJUAN
·         Operator Cleaner
Terciptanya Prosedur pembersihan Kamar Jenazah supaya ruangan selalu siap pakai.

LANGKAH – LANGKAH PEKERJAAN

1.     Setiap petugas cleaner bertanggung jawab untuk membersihkan Ruangan sesuai dengan section .
2.     Sebelum memulai membersihkan Kamar Jenazah,Pastikan Ruangan Kosong tidak ada Jenazah (kecuali ada permintaan)
3.     Kegiatan membersihkan Kamar Jenazah  akan dilakukan sebagai berikut:
4.     Persiapkan Alat kebersihan.
a.     Pembersihan Harian
·         Ambil Sampah sesuai dengan jenis sampahnya
·         Mulailah melakukan Dusting Keranda jenazah dan list-list pintu keseluruhan
·         Sweeping lantai menggunakan Lobby Duster untuk yang tidak terjangkau menggunakan Sapu
·         Bersihkan tempat pemandian Jenazah.
·         Mopping Lantai dengan larutan Disinfektan kemudian tinggalkan ruangan apabila telah selesai dikerjakan
b.    Pembersihan Sesudah Penanganan
·         Buka pintu keseluruhan kemudian nyalakan AC
·         Ambil sampah Sesuai dengan jenis Sampahnya
·         Untuk linen Kotor hubungi laundry untuk proses pencucian
·         Bersihkan keranda dengan menggunakan larutan Disinfektan
·         Bersihkan tempat pemandian Jenazah
·         Sweeping lantai menggunkan Lobby Duster untuk yang tidak terjangkau menggunkan Sapu
·         Mopping lantai dengan larutan Disinfektan kemudian tinggalkan lantai apabila ruangan telah selesai dipergunakan
c.     Sterilisasi Ruangan
·         Sterilisasi dilakukan stiap 1 bulan sekali atau ada penanganan yang bisa mengakibatkan penularan ( Pasien Berpenyakit Menular)

5.     Mencatat laporan kegiatan membersihkan pada Log Book
6.     Pengecekan standart kebersihan kamar Jenazah dilakukan oleh Team Leader dari cleaning service dan petugas housekeeping.
7.     Ruangan yang perlu perbaikan, akan di informasikan ke bagian Maintenance (Engineering). Lamanya waktu yang diperlukan akan di tentukan oleh pihak Maintenance.
8.     Tinggalkan ruangan apabila pekerjaan sudah selesai,Matikan AC dan lampu dan kunci Ruangan kemudian serahkan kepada pihak yang bertanggung Jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar