·
1 set Double Solution Mopping
·
Lap handuk Warna kuning
·
Sapu
·
Dustpan
·
Lobby Duster
·
Warning Sign
|
·
Surfanios
·
Floor Cleaner
|
PELAKSANA
|
TUJUAN
|
·
1 Operator
Cleaner
|
Terciptanya prosedur tetap dengan pemahaman
dan pengertian yang sama dalam membersihkan Ruangan Farmasi sehingga ruangan
selalu bersih dan nyaman sehingga dapat menunjang dalam pelayanan terhadap
pasien.
|
LANGKAH – LANGKAH PEKERJAAN
|
|
1. Setiap petugas cleaner bertanggung jawab untuk membersihkan
Ruangan sesuai dengan section .
2. Sebelum memulai membersihkan Ruangan, petugas cleaner
menanyakan dulu kepada penanggung jawab Ruangan ,mana yang akan dibersihkan
terlebih dahulu
3. Kegiatan membersihkan kamar pasien akan dilakukan sebagai
berikut:
1. Mengetuk pintu
3x.
2. Sebutkan
identitas “housekeeping”.
4. Minta ijin terlebih dahulu untuk membersihkan ruangan
5. Membersihkan Ruangan secara keseluruhan mulai dari membuang
sampah, membersihkan furniture (Tidak dperbolehkan merapihkan ataupun membuang
peralatan lainya tanpa seijin pemilik Ruangan)
6. Sampah dikumpulkan dijanitor untuk diambil oleh petugas
kebersihan sampah.
7. Sebelum lantai dipel, terlebih dahulu dipastikan Bucket air
telah diberi Chemical Disinfectant (Surfanios
atau Floor Cleaner )
8. Setelah dicelupkan ke bucket air dan diperas baru lantai di
pel.
9. Kain pel harus dicuci/dibersihkan setiap 5 m2 pengepelan
lantai, ke dalam air yang terpisah.
10. Mengepel dengan metode Double Solution Mopping
11. Mencatat laporan kegiatan membersihkan, serta catatan lain
yang perlu seperti lampu mati, kebocoran atau kerusakan lainnya. (Untuk
laporan perbaikan harus dilaporkan ke Team Leader untuk dibuatkan FMPnya,
juga ke Penanggung Jawab Ruangan)
12. Pengecekan standart kebersihan Ruangan dilakukan oleh Team
Leader dari cleaning service dan petugas housekeeping.
13. Mencatat laporan kegiatan membersihkan, serta catatan lain
yang perlu seperti lampu mati, kebocoran atau kerusakan lainnya. (Untuk
laporan perbaikan harus dilaporkan juga ke Penanggung jawab Ruangan)
14. Ruang
yang perlu perbaikan, akan di informasikan ke bagian Maintenance
(Engineering).
15. Tinggalkan ruangan apabila pekerjaan sudah selesai, tutup
pintu perlahan – lahan kemudian laporkan kepada Penanggung Jawab bahwa
ruangan telah dibersihkan dan siap dipakai kembali
|
Jumat, 24 Februari 2017
SOP PEMBERSIHAN RUANGAN FARMASI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar